Minggu, 21 April 2013

Tutorial Membuat Slide Master di Ms. Powerpoint

Tutorial Membuat Slide Master di Ms. Powerpoint, yaa begitulah judul postingan saya kali ini setelah sekian lama gak bsia update berhubung keyboard laptop saya banyak yang rusak dan baru selesai diperbaiki hehe. Okey langsung saja mungkin bagi anda sudah banyak yang mengenal mengenai powerpoint akan tetapi mungkin belum semua orang mengetahui yang namanya slide master. terkadang orang bingung saat meliaht suatu persentasi yang slidenya itu gak bisa diedit pada saat mode normal. Nah, itulah yang namanya Slide Master, sekarang saya ingin berbagi mengenai cara pembuatan slide master. Silahkan simak baik-baik dan jika ada yang belum dimengerti silahkan bertanya kembali. Cekidoooottttttt...

Buka Ms. Power point anda dan disini saya menggunakan yang versi 2007 bagi anda yang masih menggunakan versi dibawah atau diatas 2007 silahkan menyesuaikannya.
Pilih tab View kemudian klik slide master.

Maka secara otomatis tampilan slide anda akan berubah seperti gambar dibawah ini 

Mari kita buat slide-nya, saya disini mencoba mencontohkan membuat slidenya secara sederhana dan tinggal anda saja yang mengkreasikannya sesuai dengan kebutuhan anda.
Pada dasarnya dalam membuat slide master adalah permainan dan kreasi bentuk shape maupun gambar untuk background ataupun animasi yang kita gunakan.
Perlu saya ingatkan kembali bahwa slide master berfungsi untuk mendesain suatu power point saja dan bukan digunakan untuk membuat inti dari materi power point itu sendiri. Jika anda menuliskan isi materi power point tersebut pada bagian slide master maka nantinya pada bagian slide normal materi yang anda tulis dibagian slide master tadi tidak akan ditampilkan pada slide normal terkecuali catatan-catatan tertentu seperti tanggal dan nama anda dibagian bawah (footer) pada slide tersebut, dan tentunya tidak dapat diedit pada mode slide normal dan begitu pula dengan desain yang anda buat pada slide master tidak dapat pula diedit ataupun dirubah pada slide normal terkecuali anda masuk lagi pada mode slide master barulah anda bisa merubah desain slide tersebut.
Kita lanjutkan pembuatannya,
Klik slide pertama dari slide master untuk membuat desainnya karena jika anda membuat desain pada slide pertama maka semua slide dibawahnya akan mengikuti slide pertama yang anda buat tsb. Jangan lupa untuk menghapus semua kotak yang bertuliskan seperti “Click to edit Master title styledan lainnya sehinggal slide pertama akan terlihat putih bersih tanpa noda :D
Kemudian masukan gambar yang akan kita gunakan sebagai background, caranya klik kanan oada slide dan pilih format background,

 Akan tampil kotak seperti berikut dan pilih Fill – Picture or Teksture Fill kemudian pilih File dan pilih gambar yang anda inginkan sebagai background dari slide anda dan jika sudah pilih Open maka bakcground anda akan berubah secara otomatis


Untuk melihat hasilnya anda bisa kembali pada mode slide normal dengan cara  klik close master view pada tab Slide Master.
Jika anda lihat pada bagian layout maka anda akan menjumpai seluruh layout pada slide terlihat bakcgroundnya sama semua dengan gambar yang anda masukkan pada mode slide master tadi.


Untuk melanjutkan desain slide master kita kembali lagi pada mode slide master caranya sama seperti yang sudah saya jelaskan pertama tadi. Kemudian kita coba membuat desainnya dg menggunakan shape. Disini saya akan sedikit menjelaskan bagaimana membuat menu yang biasanya terdapat dalam sebuah powerpoint misalkan saja seperti Home, referensi, dsb. Kita akan membuatnya dengan menggunakan shape dan kita bentuk sesuai selera kita. Disini saya akan mencontohkan singkatnya saja silahkan anda berkreasi sendiri yang penting dasar-dasarnya sudah bisa mengerti.
Pertama kita kembali pada mode slide master. Setelah itu kita buat sebuah shape seperti gambar berikut :



 Kemudian kita buat shape lagi dibagian yang ditunjuk panah untuk membuat menunya. Misalkan saya ingin membuat menu Home, referensi, contoh soal, dan latihan. Bisa dilihat digambar berikut
 
Cara membuat tulisan didalam shape yaitu dengan cara klik kanan pada shape tersebut dan pilih edit text. Anda bisa membuat seperti yang saya contohkan diatas atau bisa membuat sesuai yang anda inginkan.
Kemudian kita buat tombol link next dan previous. Masih menggunakan permainan shape. Buat shape seperti berikut dan biasanya diletakkan dibagian bawah slide.

Untuk membuat linknya klik pada tombol next yang sudah kita buat dan kemudian masuk pada menu insert dan pilih Action dan pada menu mouse click pilih hyperlink to dan pilih Next Slide.


Kemudian pada tombol previous slide juga dilakukan cara yang sama bedanya pada Hyperlink to yang tadinya kita gunakan adalah next slide sekarang kita ganti dengan Previous slide dan jangan lupa OK.
Anda juga bisa menambahkan shape untuk yang lainnya msialkan disini saya menambahkan shape untuk tempat judul slide dan isi materi slide. Tapi yang perlu saya sedikit ingatkan disini ialah anda membuat isi materi dan judul slide jangan menuliskannya di mode slide master tapi tulis pada mode slide normal saja, karena kemungkinan bisa tidak tampil saat dislide show nanti. Seperti gambar berikut yang saya contohkan.




Demikian sedikit tutorial dari saya dan semoga sedikit banyaknya bisa membantu anda. Terima kasih atas kunjungannya dan silahkan tinggalkan komentar anda yaa. Sampai bertemu lagi dilain post dan kesempatan.

5 komentar:

  1. Thanks gan..
    Infonya bermanfaat banget

    BalasHapus
  2. Gan.,,,kalau untuk membuat perubahan keSlide berikutnya supaya tidak sembarang klik berubah, alias klik tempat tertentu saja bisa berubah,.. kalau sembarangan tidak berubah...caranya gimana gan....sebelumnya Thank...

    BalasHapus
  3. klo mau cara begitu harus menggunakan hyperlink gan ..
    caranya gini ,,
    buat tombol mnggunakan shape lalu klik kanan dan pilih hyperlink trs pilih borkmark dan pilih next slide atau jika mau melompat ke slide lainnya bisa tinggal pilih slide nomor brp yg mau dituju ..

    terima kasih sdh berkomentar ..

    BalasHapus
  4. Mau tanya dong tutorial membuat bumi berputar dengan slide master gimana yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo itu tinggal cari aja gambar bumi berputar dengan format .GIF
      ntar klo di powerpoint di jalankan buminya akan berputar

      Hapus

W A R N I N G !!!
=Pembaca yang Baik selalu Meninggalkan Komentar=

~ Berkomentarlah secara baik dan sopan maka admin akan merespon
~ JANGAN ANONIM
~ Komentar Sesuai dengan Topik Pembicaraan
~ Tidak Menyertakan Link Aktif
~ Dilarang Promosi dalam Bentuk Apapun !

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...