Minggu, 01 September 2013

Cara Membuat Website dengan Mudah - PART 1


Cara Membuat Website dengan Mudah, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi dengan teman-teman lagi mengenai HTML dan materi kita kali ini adalah mengenai design web sederhana dengan menggunakan notepad dalam pembuatannya. Memang sekarang ini sudah sangat menjampur dimana-mana tentang jasa design web, akan tetapi akan terasa berbeda jika kita bisa membuatnya sendiri, walaupun akan terlihat sangat sederhana dibandingkan dengan hasil design jasa pembuatan website tersebut tapi akan timbul rasa puas dalam diri kita dan kita akan termotivasi untuk terus belajar agar kemampuan kita dapat meningkat. Yang namanya belajar tidak ada yang praktis dan semuanya butuh proses untuk bisa menjadi handal. Saya disini berbgai dengan teman-teman dengan tujuan agar saya juga dapat belajar dan juga sebagai bahan referensi saya.
Jangan pernah berpikir sulit jika harus bergelut dengan yang namanya HTML walaupun terlihat banyak kode-kode yang bisa dikatakan rumit tapi sebenarnya itu tidaklah rumit karena HTML hanya terdiri dari dua tag yaitu tag pembuka dan tag penutup.

Berikut kita latihan bersama untuk membuat design web dengan menggunakan notepad dengan bahasa HTML, saya sarankan anda jangan pernah menggunakan softwere design web yang bersifat WYSIWYG karena itu tidak akan mengembangkan skill dan kemampuan anda.

Okelah kalau begitu kita mulai saja dengan design sederhana kita seperti gambar dibawah ini :


Untuk membuat desain seperti gambar diatas sangatlah mudah dan berikut keterangannya :
WEBSITE PERTAMAKU --->> Judul website
SELAMAT DATANG .......--->> Artikel Website/isi website
 Kode HTML nya seperti berikut :
 <html>
    <head>
        <title>Website Pertamaku - Part 1</title>
    </head>
   
    <body bgcolor=black>
        <font color=yellow size=10>WEBSITE PERTAMAKU</font>
        <br>
            <hr size=5 color=green>
        <br>
        <font face=calibri size=4 color=cyan> SELAMAT DATANG DIWEBSITE PERTAMA KU ! </font>
    </body>
</html>

Penjelasan :

<title>Website Pertamaku - Part 1</title>
tag <title> digunakan untuk menampilkan title dari web yang akan ditampilkan pada tab browser anda


<body bgcolor=black>
tag diatas fungsinya adalah untuk memberi warna pada background website kita. black bisa kita ganti dengan warna lain sesuai keinginan kita. Jika ingin mengganti background dengan gambar tag nya seperti berikut <body background="nama-gambar.jpg"> dan jangan lupa gambar tersebut harus diletakkan satu folder dengan desain website kita. 

<font color=yellow size=10>
Tag diatas fungsinya adalah untuk memberi warna pada teks dan juga memberi size atau ukuran pada teks. Yellow dan 10 bisa anda ganti sesuai keinginan anda. Misal anda ingin mengganti jenis font tinggal tambahkan kode face didalam tag diatas. Contoh : <font color=yellow size=10 face=calibri>

Untuk tag yang ada tanda garis miring itu adalah tag penutupnya.

Demikian dulu contoh sederhana desan web dari saya dan mohon maklum karena saya juga masih belajar. Kalau judulnya PART 1 tentu anda part berikutnya dan terus ikuti desain web dari saya untuk langkah berikutnya dan dasain yang lebih rumit lagi.
Terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa tinggalkan komentarnya yaaa.. Semoga sukses :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

W A R N I N G !!!
=Pembaca yang Baik selalu Meninggalkan Komentar=

~ Berkomentarlah secara baik dan sopan maka admin akan merespon
~ JANGAN ANONIM
~ Komentar Sesuai dengan Topik Pembicaraan
~ Tidak Menyertakan Link Aktif
~ Dilarang Promosi dalam Bentuk Apapun !

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...