Selasa, 10 Juli 2012

Manfaat Lari

Berlari adalah olahraga yang paling murah, semua kalangan manapun bisa menikmati olahraga ini. Berbeda halnya dengan olahraga yang lain, lari sangatlah mudah dan murah, tidak perlu biaya mahal untuk bisa berlari dan sangatlah mudah dilakukan tanpa trik khusus dalam melakukannya.
Berlari pun memiliki manfaat yang tidak kalah penting dibanding dengan olahraga yang lainnya, bahkan manfaat dari berlari bisa dikatakan lebih banyak dibandingkan olahraga yang lain yang bisa dikatakan cukup sulit dan perlu biaya yang lumayan juga. Berikut adalah beberapa manfaat dari berlari yang saya rangkum dari berbagai sumber. 

1. Berpikir Cepat
Siapapun orangnya pasti yang namanya berpikir cepat tentulah diidamkan semua orang terutama bagi para pelajar yang menuntut ilmu agar lebih mudah berpikir dan menerima pelajaran. Terutama bagi yang buntu sama yang namanya Matematika, Fisika, Kimia, dan Akutansi hehehe. Nah dengan berlari secara teratur dapat meningkatkan daya berpikir kita jadi lebih maksimal, akan tetapi lakukan secara teratur dan jangan berlebihan karena dapat menakibatkan cidera. Dan juga hal yang haru diperhatikan adalah TETAP HARUS BELAJAR DAN BERDO'A, JANGAN MENGANDALKAN LARI SAJA. Hal ini juga dibukatikan oleh para ilmuan US National Institute di Maryland,AS bahwa dalam hal menggerakan kaki dapat menumbuhkan ratusan ribu sel otak baru.

2. Membuat Tubuh Cepat Tinggi
Saat kita berlari sprint, otot kaki mengalami penekanan saat berlari sehingga dapa memanjangkan tulang dan otot. Selain menambah tinggi, dengan berlari dapat memperkuat otot tubuh kita dan juga tulang tubuh kita. Sebuah penelitian di Messouri mengatakan bahwa berlari dapat memperkuat tulang dengan lebih efektif dibandingkan dengan olaharaga seperti aerobik.

3. Menurunkan Berat Badan Berlebih
Bagi anda yang memiliki berat badan berlebih saya sarankan untuk melakukan olahraga yang mudah dan murah ini. Lari yang benar dan teratur tentunya dapat membakar lemak berlebih dalam tubuh, dengan berlari secara rutin maka anda dengan sednirinya tidak lagi menjumpai yang namanya berat badan berlebih.

4. Mempertajam Daya Ingat
Mungkin yang manfaat yang kali ini tidak jauh berbeda dan saling berkaitan dengan yang nomor satu anda baca tadi, yaitu tentang otak. Manfaat lari yang lainnya adalah mempertajam/memperkuat ingatan. Dengan berolahraga lari anda bisa mempertajam ingatan anda dan dapat mengurangi resiko penyakit demensia atau pikun pada masa tua terlebih lagi pada wanita yang lebih aktif pada masa remaja dan pada masa tuanya relatif lebih cepat berkurang daya ingatnya. Sangat berkaitan dengan manfaat lari lainnya yaitu berfikir cepat, saat remaja dan saat kita menuntut ilmu, banyak ilmu yang kita serap selama bersekolah akan tetapi mudah lupa saat menginjak masa dewasa. Tentu hal ini tidak ada yang menginginkannya. Dengan berlari secara teratur dapat meningkatkan daya berpikir yang cepat dan juga dapat mempertajam ingatan juga sehingga ilmu yang kita peroleh tidak akan mudah hilang.

5. Berpikir Panjang
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa berlari dengan intensitas 35 mil/minggu dapat membuat kita lebih berpikir panjang untuk kedepannya yang mempunyai visi-misi dan lebih berpikir dewasa dibandingkan dengan mereka yang berlari 10 mil/minggu.

6. Umur Panjang
Olahraga lari dapat mencegah kematian muda karena dengan berlari peredaran darah dalam tubuh lancar dan jantung pun sehat, terjaganya kadar kolesterol, dapat membantu usaha diet, dan juga dapat membuat awet muda.


>>Lihat Juga<<
Cara Mendapatkan Banyak Jempol pada Status Facebook
Mengatasi "PERINGATAN" di Facebook
Membuat Bata Press dari Plastik
Jenis dan Type Jerawat
Cara Mudah Menghilangkan Bekas Jerawat secara Cepat dan Alami
Membuat Scroll Box dengan Mudah di Blogspot
Membuat "read more" di Blog/Blogspot
Cara Mudah Membuat Teks Mengelilingi Cursor
Membuat Efek Gerakan Sederhana dengan Photoshop
Mengganti Email Login Blog/Blogspot dengan Mudah
Membuat Label Produk dengan Mudah
Membuat Efek Tulisan Timbul Sederhana dengan Photoshop
Daftar Kode Warna HTML
Membuat Animasi Sederhana dengan Photoshop
Sikap Start Aba-Aba saat Lari Sprint
Sikap Saat Lari Sprint
Lari Sprint (Jarak Pendek)
Manfaat Lari
Cara Tepat Membentuk Perut Six Pack
Membuat Efek Salju Berjatuhan/Berguguran di Blog (part I)
Membuat Efek Salju Berjatuhan/Berguguran di Blog (part II)
Membuat Kartu Ucapan Selamat Ulang Tahun dengan Photoshop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

W A R N I N G !!!
=Pembaca yang Baik selalu Meninggalkan Komentar=

~ Berkomentarlah secara baik dan sopan maka admin akan merespon
~ JANGAN ANONIM
~ Komentar Sesuai dengan Topik Pembicaraan
~ Tidak Menyertakan Link Aktif
~ Dilarang Promosi dalam Bentuk Apapun !

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...